Kenali AVR Genset Si Jantung Kehidupan Genset Anda

Automatic Voltage Regulator atau biasa disebut dengan AVR genset merupakan salah satu komponen penting yang ada pada kinerja sebuah perangkat genset. Alat ini memiliki fungsi utama untuk menjaga stabilitas sebuah genset pada saat perangkat beroperasi dan menghadapi fluktuasi beban listrik. Tegangan yang tidak stabil tentunya akan berdampak buruk pada perangkat elektronik yang diberi suplai listrik, tak heran apabila komponen inisangatlah diperlukan.

Cara kerja komponen ini cukup mudah dipahami. Secara singkat, alat ini akan menambah maupun mengurangi tegangan atau voltase output dari genset sesuai kebutuhan masing-masing perangkat elektronik. Dapat dibayangkan bukan, apabila terjadi kerusakan pada komponen ini maka suplai listrik tambahan Anda akan terganggu.

Beberapa kerusakan dapat terjadi pada AVR genset, penyebabnya pun bermacam-macam seperti adanya korslet dan juga komponen yang sudah aus. Salah satu komponen yang paling sering mengalami kerusakan ialah komponen batu arang. Apabila komponen satu ini mengalami kerusakan, maka listrik yang dialirkan dapat langsung terputus. Selain itu, dapat terjadi perikan api yang timbul pada kumparan genset. Dampak lebih lanjutnya tentunya dapat timbul kebakaran baik pada AVR genset maupun pada perangkat genset itu sendiri.

Maka dari itu, genset tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan pengecekan. Apabila tidak digunakan dalam jangka waktu lama pun genset tetap harus dinyalakan secara berkala untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Kebersihan perangkat pun harus tetap terjaga, seperti membersihkan permukaan luar dan juga bagian trafo pada AVR. Proses pembersihan pada kumparan trafo dan juga kawat tembaga dapat dilakukan dengan kuas bersih dan cutter.

Proses perbaikan dan juga pemasangan AVR genset yang rusak memang dapat dilakukan sendiri. Caranya pun cukup mudah dan harus dilakukan di tempat yang terang dan kering. Namun, akan lebih baik apabila dilakukan oleh orang yang mahir atau teknisi berpengalaman. Selain itu, teknisi dapat mengecek secara menyeluruh untuk antisipasi apabila ada kerusakan lainnya.

Demikian serba-serbi mengenai AVR genset, pastikan memilih genset yang tepat dan lakukan perawatan pasca pembelian agar perangkat Anda tetap terjaga dan suplai listrik tambahan berjalan dengan lancar.

 

 

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *